Saturday, May 7, 2016

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran pokok lalah besaran yang satuannya telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan intemasional Menurut sistem Satuan Internasional (SI) maka ada tujuh besaran pokok yang diterapkan di seluruh dunia :
1. Satuan Panjang
Satuan panjang dalam Satuan Intemasional (SI) berlambang m (meter) Standar Internasional menggunakan ukuran 1 meter sama dengan I.650.763,63 x panjang gelombang cahaya berwama jingga dari atom krypton. Ukuran yang lebih panjang dan biasanya dipakai untuk jarak antara tempat yang satu dengan lainnya lalah kilometer (km). Adapun turunan satuan-satuan panjang lainnya lalah :
Macam-macam alat pengukur panjang di antaranya
a Mistar (meteran) - digunakan untuk mengukur panjang benda yang tidak begitu panjang.
b Roll meter - digunakan untuk mengukur jarak antar tempat (yang ukurannya panjang/jauh), misalnya untuk mengukur luas tanah, luas lapangan, sawah dan bangu- nan rumah
c Mikrometer - alat yang dipakai untuk mengukur tebal suatu benda
d Jangka sorong- digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam, bagian luar dan kedalaman tabung
2. Satuan Luas
Satuan luas lalah turunan dari satuan panjang yang diukur dalam satuan meter persegi (m2) Luas I m2 sama dengan luas bujursangkar yang panjang sisi-sisinya 1 meter Penurunan satuan persegi :
3. Satuan massa
Massa adalah sesuatu yang menyatakan jumlah zat yang terkandung dalam benda, diukur dengan satuan kilogram (kg). Dalam sistem Satuan Intemasional (SI) ditetapkan bahwa un- tuk 1 kilogram standar digunakan sebuah silinder sama dengan massa 1 liter air mumi pada suhu 40C Masa benda sering juga disebut berat benda.
Penurunan satuan massa :
4. Satuan waktu
Dalam SI (Sistem Internasional) satuan waktu dinyatakan dalam detik (dt) atau sekon. Satuan itu berdasarkan ukuran yang diperlukan atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Pada jaman dahulu orang menciptakan alat ukur waktu dengan petunjuk bayangan matahari atau dengan jam pasir Kemudian berkembang lebih maju. Para ahli memanfaatkan getaran atom cesium 133, yang kemudian disebut jam atom dan dipakai sebagai ukuran standar. Sekarang kita menggunakan alat ukur waktu berupajam, arloji, stopwach dan seba- gainya
Penurunan satuan waktu :
5. Satuan Volume
Satuan volume lalah turunan dari satuan-satuan panjang yang diukur dalam satuan meter kubik (m3)
1 m3 sama dengan isi kubus yang memiliki rusuk-rusuk dengan panjang 1 m Penurunan satuan kubik :





No comments:

Post a Comment