Friday, April 29, 2016

Pengertian Gaya Sentuh

Gaya sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan pada permukaan benda tersebut. Beberapa contoh gaya sentuh antara lain: gaya otot, gaya pegas, gaya mekanik, dan gaya gesek. Gaya jenis ini termasuk paling sering kita temui secara sadar dalam kehidupan sehari-hari, seperti peristiwa pedagang mendorong gerobak, anak menendang bola, bermain tarik tambang, dan lain sebagainya.
 
a. Gaya pegas
Gaya pegas adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang memiliki sifat lentur atau karet, misalnya karet atau pegas yang direntangkan
. Anak panah yang terlepas dari busurnya dapat melesat jauh karena adanya gaya pegas.


b. Gaya otot
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot manusia atau hewan untuk mendorong, menarik, mengangkat, atau melakukan pekerjaan lain. Contoh pekerjaan yang menggunakan gaya otot dalam kehidupan adalah mengangkat batu, mendorong meja, dan menimba air. Pada saat kita mendorong meja, kita harus menyentuh meja itu untuk memberikan gaya kepada meja. Demikian pula jika kita melemparkan batu dengan menggunakan ketapel, maka kita juga menggunakan gaya otot. Seorang anak yang mengayuh sepeda dan pemain basket yang melempar bola basket juga menggunakan gaya otot.

c. Gaya mesin
Gaya mesin adalah gaya yan
g dihasilkan oleh mesin; atau gaya yang dimiliki oleh mesin-mesin untuk me- lakukan berbagai pekerjaan. Contohnya memindahkan batu ke dalam truk dan menggiling padi. Sepeda motor, mobil, dan kapal dapat bergerak dengan mengguna¬kan gaya mesin.

d. Gaya gesek
Gaya gesek adalah gaya yang dihasilkan oleh suatu permukaan kasar untuk melawan gaya yang menggerakkan suatu benda pada permukaan tersebut.

Akibat adanya gaya gesekan, maka sebuah kelereng yang sedang bergerak dapat berhenti, kita dapat berjalan, dan mobil yang melaju dapat dihentikan.

No comments:

Post a Comment