Friday, April 29, 2016

Pengertian Gaya

Pada setiap kegiatan kita selalu melakukan gaya. Seperti mendorong mobil, menggunakan lift untuk berpindah ke lantai atas, mendorong pintu sehingga terbuka, menarik sebuah pita karet, mengangkat sebuah buku, menekan segumpal tanah liat, dan masih banyak contoh kegiatan lainnya.
Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang diberikan pada sebuah benda. Kadang-kadang, akibat suatu gaya tampak demikian jelas, seperti saat sebuah mobil melaju dan menabrak sebatang pohon.
Akan tetapi, akibat suatu gaya tidak tampak jelas, misalnya gaya dari lantai yang bekerja pada kaki. Gaya dapat ditunjukkan dengan tindakan-tindakan seperti mendorong, menarik, merenggangkan, membengkokkan, dan menjatuhkan bola.

Pengertian
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda.

Satuan gaya dalam sistem SI (sistem internasional) adalah newton, satu newton adalah gaya yang memberikan percepatan 1 m/s2 kepada massa 1 kilogram.

1 N = 1 kg m/s2

Satu dyne adalah gaya yang memberikan percepatan 1 cm/s2 kepada massa 1 gram. Hubungan 1 N dengan 1 dyne dapat dinyatakan sebagai:
1 N                         = 1 kg m/s2
= (103 g)(102 cm)/s2
= 105 g cm/s2
= 105 dyne
Jadi, 1 N               = 105 dyne

Satuan gaya yang dipakai sehari-hari adalah kilogram-gaya (kgf) dan gram-gaya (gf).
1 kgf = 9,8 newton —» dibulatkan menjadi 10 N
1 gf = 980 dyne —» dibulatkan menjadi 1.000 dyne


Pengukuran gaya dapat dilakukan dengan menggunakan dinamometer atau neraca pegas. Besar gaya yang ditimbulkan dapat dilihat pada skala dinamometer tersebut.

No comments:

Post a Comment