Friday, April 29, 2016

Pengertian Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh merupakan gaya yang mempengaruhi benda tanpa bersentuhan langsung dengan benda tersebut. Untuk jenis gaya ini sering kali kita tanpa sadar senantiasa melihat efeknya dalam kehidupan sehari- hari. Misalkan saat mangga jatuh dari pohon atau saat memainkan mag¬net untuk menarik logam-logam kecil. Pada peristiwa-peristiwa tersebut benda (buah dan logam) bergerak, namun tidak terlihat siapa atau apa yang menarik atau mendorongnya. Pada peristiwa mangga jatuh dikenal sebagai gaya gravitasi; dan peristiwa logam-logam kecil tertarik magnet disebut gaya magnet; di mana dalam memberikan gayanya mereka tidak memerlukan sentuhan dengan benda yang ingin mereka gerakkan. Beberapa contoh dari gaya tak sentuh adalah:

a. Gaya magnet
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Gaya magnet dapat digunakan untuk menarik jarum, paku, serbuk besi, dan benda-benda logam , lainnya. Jika sebuah penjepit kertas didekatkan pada magnet, maka penjepit kertas tersebut akan menempel pada magnet karena adanya gaya magnet.       

b. Gaya listrik
Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik untuk menarik atau menolak satu sama lain. Sebuah penggaris yang digosokkan pada rambut kering dapat menarik potongan kertas kecil. Hal itu disebabkan pada penggaris tersebut terdapat muatan listrik yang dapat menimbulkan gaya listrik.
 
c. Gaya gravitasi bumi

Gaya gravitasi adalah gaya yang dimiliki benda bermassa untuk saling tarik-menarik. Batu yang dilemparkan ke atas dan daun yang gugur akan jatuh ke bumi. Kedua peristiwa ini terjadi akibat adanya gaya gravitasi bumi. Bulan juga dapat menim- bulkan gaya gravitasi yang berpengaruh pada pasang surut air laut. Semakin jauh dari bumi, gaya gravitasi bumi semakin kecil. Gaya gravitasi bumi di daerah kutub lebih besar daripada gaya gravitasi bumi di daerah katulistiwa.

No comments:

Post a Comment