Tuesday, October 7, 2014

Faktor apa saja yang membuat pulau Jawa mempunyai penduduk yang besar

Pulau Jawa merupakan pulau terbesar kelima di Indonesia dengan luas 138.794 meter persegi. Tetapi jumlah penduduk yang ada di pulau Jawa merupakan terbesar di Indonesia yaitu sebanyak kurang lebih 136 juta jiwa. Jumlah tersebut setara 60 persen dari seluruh jumlah penduduk. Hampir semua kegiatan ekonomi dan politik ada di sini. Ibukota Jakarta dan beberapa kota besar juga ada. Dan dalam buku rekor, Jawa merupakan pulau yang paling banyak penduduknya di Dunia. 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pulau Jawa mempunyai penduduk yang sangat besar. 

1. Secara umum Pulau Jawa mempunyai tanah yang subur. Jenis tanah yang ada di pulau ini  yaitu : tanah humus, vulkanis dan aluvial. Ketiga jenis tanah tersebut sangat cocok untuk pertanian, terutama untuk tanaman padi yang menjadi makanan pokok bangsa Indonesia. Selain itu tanah tersebut juga sesuai dengan tanaman buah-buahan dan sayur-sayuran. Deng kondisi seperti itu maka banyak orang yang pindah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai petani.

2. Banyaknya industri berkembang dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Industri yang berkembang adalah industri manufaktur dan jasa. Bahkan ada data yang menunjukkan bahwa 70 persen industri terpusat di pulau Jawa, sedangkan di pulau-pulau lain masih tertinggal. Pemusatan daerah industri banyak dibangun di kota-kota besar, misalnya : Jakarta, Surabaya dan Semarang. 

3. Banyak kota besar yang ada memberikan banyak fasilitas yang menarik orang untuk datang. Sarana hiburan dan fasilitas transportasi tersedia dengan baik. TMII, Ancol, Kebun raya adalah contoh fasilitas hiburan sangat digemari masyarakat. Selain itu ada bandara Sukarno Hatta, Pelabuan Tanjung Priok, dan Stasiun kereta api sangat banyak di pulau Jawa sehingga banyak orang lebih memilih untuk tinggal dan menetap.

4. Sarana pendidikan yang memadai dan mempunyai mutu yang bagus, terutama untuk pendidikan tinggi sehingga membuat banyak orang yang ingin belajar dan menimbah ilmu di pulau ini. Lembaga pendidikan itu mencetak banyak generasi penerus untuk membangun di seluruh wilayah Indonesia. Contoh lembaga tersebut adalah Universitas Indonesia, IPB, ITB, Unair dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment