Sunday, September 28, 2014

Ide dan cara meningkatkan Partisipasi Pendidikan

Angka partisipasi pendidikan adalah jumlah perbandingan antara jumlah siswa yang bersekolah atau menempuh pendidikan dengan jumlah penduduk pada usia tertentu. Misalnya partisipasi pendidikan dasar maka akan membandingkan jumlah siswa SD dengan jumlah anak usia 7 - 12 tahun pada wilayah yang sama. Memang secara umum partisipasi pendidikan di Indonesia masih rendah, maka diperlukan langkah atau ide yang bagus untuk mengatasinya.

1. Sekolah gratis bagi pendidikan dasar
Biaya operasional sekolah atau BOS merupakan solusi yang bagus dari pemerintah. Dengan adanya BOS maka program wajib belajar 9 tahun bisa dilaksanakan dengan baik. Pada saat ini tidak ada alasan bagi siswa tidak mampu untuk tidak sekolah karena untuk pendidikan dasar sudah digratiskan oleh pemerintah. Diharapkan BOS juga berlaku sampai pendidikan atas yaitu SMA, agar semua anak di Indonesia bisa menikmati bangku sekolah sampai SMA.

2. Memberikan Beasiswa 
Beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu bisa membantu untuk menyediakan kebutuhan sekolah mereka, misalnya: seragam, sepatu dan buku pelajaran. Dengan adanya beasiswa diharapkan siswa bisa lebih semangat belajar tanpa terganggu oleh masalah ekonomi keluarganya.

3. Program Wajib Belajar
Ada beberapa daerah sudah mencanangkan wajib belajar selama 12 tahun. Hal ini ditujukan agar semua warga merasa berkewajiban untuk menamatkan sekolah sampai jenjang menengah atas. Program ini bisa menyadarkan masyarakat bahwa pendidikan penting bagi masa depan anak-anak mereka.

4. Membangun gedung sekolah sampai ke daerah terpencil
Pemerataan sarana prasarana pendidikan ini yang paling penting karena sebagai tempat belajar yang memadai agar siswa menjadi nyaman dalam belajar. Sering kali daerah terpencil dan pedalam kurang diperhatikan oleh pemerintah sehingga mereka tidak mempunyai gedung sekolah. Dengan meratanya jumlah gedung sekolah diseluruh Indonesia bisa meningkatkan partisipasi pendidikan dari rakyat Indonesia.

5. Program profesi guru
Bagi mahasiswa kependidikan diwajibkan untuk mengikuti program profesi guru di tempat-tempat terpencil seluruh Indonesia. Program ini bertujuan agar mahasiswa  bisa mengaplikasikan ilmu keguruannya sekaligus memberikan pelayanan pendidikan di daerah-daerah terpencil. Dan diharapkan angka partisipasi pendidikan di daerah tersebut bisa meningkat.

6. Perbaikan sarana prasarana transportasi
Dengan kondisi jalan yang mulus dan alat transportasi umum yang memadai maka akan memudahkan murid untuk datang ke sekolah. Mereka bisa tepat waktu dan tidak kesulitan untuk menempuh pendidikan di sekolah.



 

1 comment:

  1. Bagaimana Menciptakan Lembaga Pendidikan yang Baik dan Bermutu?

    Untuk menjawab pertanyaan di atas maka langkah pertama yang harus dilakukan seorang kepala sekolah / pengelola lembaga pendidikan yaitu senantiasa memperhatikan dan mengidentifikasi keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang terkait antara lain :
    1. Pemerintah
    Keinginan pemerintah yaitu kepatuhan seorang pengelola lembaga pendidikan terhadap semua peraturan-peraturan yang berlaku.
    2. Siswa dan orang tua
    Keinginannya mendapat pelayanan yang baik dengan hasil tamatan yang berkualitas, berbudi luhur, terampil dan bertanggung jawab.
    3. Komunitas
    Memerlukan lingkungan kerja yang sejuk, nyaman dan kondusif untuk pengembangan diri.
    4. Guru dan karyawan
    Membutuhkan kesejahteraan yang baik, jaminan kesehatan dan keselamatan.
    5. Investor
    Mengharapkan reputasi yang baik.
    6. Institusi lain
    Membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai.
    Baca selengkapnya >>

    ReplyDelete